Perbedaan ATM Link dan Non Link, Ini Ciri-Cirinya

Saat ini sepertinya banyak warganet yang penasaran dan mencari tahu apa perbedaan atm link dan non link. Penasaran? Yuk langsung simak saja berikut ulasan yang akan Sabilia sampaikan. 

Mesin ATM adalah alat yang sering digunakan masyarakat nasabah bank ketika ingin melakukan transaksi ataupun menarik uang. 

Namun ada kebijakan menarik yang cukup disoroti belakangan ini adalah keputusan pemerintah memberikan biaya pada penggunaan atm link. Yap mulai tanggal 1 Juni 2021, transaksi dan cek saldo di atm link akan dikenai biaya tambahan. 

Akan tetapi sepertinya masyarakat masih ada saja yang kebingungan saat membedakan atm link dan non link. Simak sampai habis. 

Apa itu ATM Link? 

Link berarti terkoneksi atau tertaut. ATM link sendiri merupakan salah satu produk dari Bank BUMN atau Himbara (Himpunan Bank Negara) dimana terdapat 4 Bank yang berkolaborasi (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) dan bisa diakses satu ATM yang sama. 

Sampai saat ini setidaknya ada 53 Ribu atm link yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun atm link ini berbeda dengan atm bersama ya. Atm link bisa kalian gunakan menggunakan keempat bank diatas. 

Sebelumnya tidak ada biaya transaksi maupun cek saldo di atm link alias gratis. Namun kebijakan baru yang dibuat akan menerapkan biaya ini dimana ada tambahan Rp. 2,500 untuk cek saldo dan Rp. 5,000 untuk setiap penarikan. Sementara untuk biaya transfer tetap Rp. 4,000 per transaksi.  

ATM Bersama dan Prima

Atm link berbeda dengan atm bersama. ATM bersama memiliki anggota yang lebih banyak dan saling terkoneksi sehingga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bertransaksi. 

Atm bersama adalah pelopor transaksi antar bank yang sangat unik di masanya. Selain itu atm bersama telah beroperasi lebih dari 30 tahun dengan lebih dari 90 anggota. Atm bersama ini juga anggotanya tidak hanya bank negara saja tetapi juga bank swasta. 

Sedangkan atm link hanya memiliki anggota Bank bank BUMN atau Himbara yakni Mandiri, BNI, BRI dan BTN saja. 

Sedangkan untuk atm prima adalah salah satu produk dari jaringan Prima yang menghubungkan banyak bank di Indonesia. Fitur unggulannya adalah settlement antar bank yang dapat diproses dengan cepat kurang dari 1 menit. Saat ini atm prima juga memiliki lebih dari 80 anggota bank. 

ATM Link dan Link Aja 

Nah sebagai pengguna internet pasti kalian juga sudah tahu ada namanya fitur Link aja. Atm link dan Link aja sendiri sama sama dikeluarkan oleh BUMN. 

Namun terdapat perbedaan antara Atm link dan link aja. Jika atm link adalah fitur transaksi bersama antara anggota bank BUMN. Berbeda dengan Link aja yang merupakan fitur atm virtual atau bisa disebut dompet digital yang bisa dipakai untuk berbagai transaksi non tunai. 

Secara kepemilikannya Link aja ini berada dibawah PT. Fintek Karya Nusantara. Untuk fiturnya bersinergi seperti layanan dompet digital Tcash milik Telkomsel, E Cash bank Mandiri, Unikqu Bank BNI dan T bank milik BRI. 

Lantas, apa perbedaan ATM Link dan Non Link?

Perbedaan ATM Link dan Non Link 

Setelah kabar mengenai atm link yang menerapkan kebijakan baru ini, maka timbul banyak pertanyaan di benak masyarakat. Khususnya yang belum paham betul apa itu atm link dan cara membedakannya. 

Untuk membedakan atm link dan non link sendiri sebenarnya sangat mudah. Setidaknya ada 2 perbedaan yang sangat jelas ketika melihat atm link dan non link. 

  1. Keanggotaan Bank

Seperti yang disebutkan tadi bahwa atm link adalah perhimpunan dari Bank milik BUMN atau Himbara. Jadi sudah jelas, bank yang tidak termasuk bukanlah anggota atm link. Dan ingat saja bahwa anggota atm link hanya 4 yakni Mandiri, BNI, BRI dan BTN. 

  1. Ciri keduanya adalah dari fisik mesin ATM.

Untuk mesin atm link ini sangat mudah dikenali, meski memang secara sekilas hampir mirip dengan atm bersama maupun link aja. Namun Kamu akan menemukan logo atm link pada mesin atm nya. Biasanya atm link berada di tempat tempat ramai dan toko swalayan. 

Akhir Kata 

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai perbedaan atm link dan non link. Jika masih belum jelas bisa tulis saja di kolom komentar. Mungkin sekian dulu pembahasan kali ini. Terima kasih.