Arti Ura Bahasa Rusia

Kamu penasaran dengan apa arti Ura Bahasa Rusia dalam Bahasa Indonesia? Tentang saja, di bawah ini Sabilia sudah menyiapkan informasi beserta penjelasannya.

Era globalisasi mengundang banyak sekali penggalan-penggalan kalimat maupun kata asing di telinga orang Indonesia. Tak jarang kata-kata tersebut mengundang rasa penasaran.

Terlebih lagi dengan adanya media sosial membuat komunikasi bisa dilakukan dengan cepat. Begitupun dengan penyebarannya bak tinta dalam air yang membuatnya meluas secara bebas.

Pada umumnya, kata-kata yang dianggap tidak dimengerti berasal dari logat seseorang, suku budaya, atau perilaku yang tidak disengaja. Kemudian, diunggah dan dianggap menarik.

Salah satu media sosial yang sering digunakan masyarakat Indonesia adalah TikTok. Aplikasi platform berbagi video pendek tersebut menjadi media yang cepat menyebarkan informasi.

Termasuk informasi mengenai ketegangan atau konflik yang terjadi antara Ukraina – Rusia, warganet dihebohkan dengan banyaknya video perang yang bermunculan.

Selain itu, ada juga video yang menampilkan tentang negara yang terkait. Salah satu video yang populer belakangan ini adalah ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin berkata “URA”.

Perkataan Presiden Rusia tersebut lantas diikuti secara serentak oleh seluruh pasukan militer Rusia dalam sebuah upacara dengan meneriakan kata “URAAA”.

Banyak warganet yang penasaran dengan maksud yang diucapkan oleh Putin dan pasukan militer Rusia tersebut. Lantas apa arti Ura bahasa Rusia dalam Bahasa Indonesia?

Parade Hari Kemenangan (9 Mei)

Apa Arti Ura Bahasa Rusia Dalam Bahasa Indonesia?
Apa Arti Ura Bahasa Rusia Dalam Bahasa Indonesia?

Hari Kemenangan (Den Pobedy) merupakan perayaan yang paling penting di Rusia. Perayaan ini menjadi momen pengikat persatuan masyarakat dari berbagai lapisan dan golongan.

Den Pobedy diperingati setiap tanggal 9 Mei, pada tanggal tersebut “Tentara Merah” Uni Soviet berhasil mengalahkan Fasis Jerman sekaligus mengakhiri Perang Dunia II di Eropa tahun 1945.

Fasis Jerman pada saat itu berambisi merebut wilayah Rusia setelah sebelumnya berhasil menaklukan BelKamu, Perancis, dan Belgia. Namun rakyat Rusia bersatu dalam Perang Patriotik Raya yang akan menentukan nasib mereka.

Menurut Dosen Ilmu Sosial Institut Pushkin, Anna Valerevna mengatakan bahwa setidaknya ada sekitar 20 juta orang lebih pejuang Rusia yang terdiri dari Tentara Merah dan masyarakat yang gugur akibat perang itu.

Rakyat Uni Soviet (Rusia) merayakan hari untuk menghormati jasa para pejuang yang telah berkorban melawan musuh yaitu Fasis Jerman.

Salah satu rangkaian acara dalam perayaan Hari Kemenangan yaitu upacara Bessmertny Polk atau Resimen Abadi yang diselenggarakan di Lapangan Merah, Moskow.

Upacara diawali dengan pidato kenegaraan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Setelah itu diikuti dengan parade militer yang menampilkan jajaran pasukan Rusia beserta alutsista sembari diiringi musik marching band militer terbaik di dunia.

Bukan hanya di Rusia saja, negara-negara pecahan Uni Soviet pun turut merayakannya, seperti di Uzbekistan, Ukraina, Turkmenistan, Belarus, dan Georgia. Lantas, apa arti ura dalam bahasa Rusia?

Apa Arti Ura Bahasa Rusia Dalam Bahasa Indonesia?

Sebelum parade militer dimulai, setelah pidato kenegaraannya Vladimir Putin mengatakan “Uraa!” dan diikuti oleh seluruh pasukan militer Rusia secara serentak sebanyak tiga kali.

Seruan “Ura!” tersebut menggelegar di Lapangan Merah yang merupakan jantung Kota Moskow. Suara tembakan meriam terdengar berbarengan dengan lagu kebangsaan mereka yang indah.

Nah, apa arti Ura dalam Bahasa Rusia? Ura secara ungkapan dapat diartikan sebagai “Hore” yang memiliki makna seruan kemenangan yang bertujuan membangkitkan semangat patriotik.

Seruan “Uuraa!” atau “Huuraa!” digunakan pada saat Perang Dunia II ketika Tentara Merah menyerang Jerman. Dalam situasi sulit mereka meneriakkan “Uuraa! Uuraa!” tiada henti sampai akhirnya berhasil meraih kemenangan.

Dari sana, Ura selalu digunakan oleh pasukan Uni Soviet (Rusia) guna membangkitkan semangat dan juga mental patriotisme. Seruan yang menggelegar dan parade militer menunjukkan jika mereka memiliki pasukan yang tangguh.

Sumber lain mengatakan jika Ura adalah bentuk optimisme yang membakar semangat guna meraih tujuan yang diinginkan. Seruan “URAA” dapat disamakan dengan “YASS” atau “HOREE”.

Jika menggambarkannya dengan para pejuang Indonesia, maka “URAA” seperti “MERDEKAA” yang bergema dalam peperangan melawan BelKamu dan Sekutu.

Akhir Kata

Kesimpulan yang bisa diambil, apa arti Ura Bahasa Rusia dalam Bahasa Indonesia adalah seruan yang membakar semangat jiwa patriotisme. Seruan itu biasa digunakan untuk menyemangati pasukan militer dan masyarakat di sana.

Sekian informasi yang dapat disampaikan oleh Sabilia, semoga dapat menjawab pertanyaan yang Kamu cari selama ini. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa baca artikel lainnya di situs ini.