Aplikasi NFT

Belakangan ini viral pemuda yang menjual foto selfie miliknya di NFT hingga mencapai milyaran rupiah. Lantas, apa nama aplikasi membuat dan menjual NFT yang lagi viral saat ini?

Seorang pemuda yang diketahui bernama Ghozali, berhasil menjual foto selfienya dalam bentuk NFT atau non-fungible token sampai 9 milyar rupiah yang menjadi sorotan netizen.

Memasuki dunia Metaverse, NFT merupakan sebuah tren baru saat ini. Dalam dunia ini, Kamu dapat menjual berbagai hal digital darimulai karya artistik sampai lokasi digital.

Ya, viralnya Ghozali Everyday NFT ini kemudian menginspirasi berbagai kalangan untuk menjual karya digitalnya dalam bentuk no-fungible token ini. Lalu bagaimana cara menjualnya?

Apa Itu NFT?

NFT atau Non Fungible Token adalah salah satu aset digital dalam mata uang kripto. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang bisa dibeli menggunakan mata uang kripto.

Barang yang dapat ditransaksikan dalam NFT pada umumnya merupakan karya seni, video klip, musik dan beragam hal lainnya dalam berbagai bentuk format seperti JPG, PNG, GIF atau MP4.

Tidak hanya untuk kalangan tertentu, siapapun dapat bertransaksi dalam NFT. Tak terkecuali Kamu. Kamu juga dapat menjual atau membeli NFT melalui platform atau situs jual beli NFT.

Viralnya Ghozali membuat tidak sedikit warganet ingin meniru apa yang dilakukannya. Lalu, aplikasi apa yang digunakan untuk membuat dan menjual NFT untuk mendapatkan uang?

Aplikasi Membuat NFT

NFT sendiri merupakan aset digital yang biasanya berupa foto, video, gif, ataupun karya seni digital lainnya. Dalam NFT Kamu bisa menjual atau membeli karya-karya tersebut dengan blockchain Etherium.

Untuk membuat karya Kamu sendiri yang bisa dijual sebagai NFT. Kamu bisa membuat karya menggunakan aplikasi maupun software dari jenis NFT yang ingin Kamu pasarkan secara online.

Misalnya, apabila Kamu ingin menjual karya vektor atau foto, Kamu bisa melakukan pengeditan karya lewat aplikasi seperti Corel Draw, Photoshop, PicsArt atau aplikasi edit lainnya.

Jadi pada intinya aplikasi membuat NFT bisa Kamu pilih berdasarkan jenis NFT yang akan Kamu jual. Semakin menarik karya Kamu, semakin berpotensi juga karya Kamu dilirik orang lain.

Aplikasi Menjual Foto NFT

Jika Kamu telah membuat atau memiliki karya yang ingin Kamu jual sebagai NFT baik itu dalam kategori Art, Video, Photography dan lain-lain. Mungkin sekarang Kamu bingung dimana untuk menjualnya.

Untuk menjual karya NFT, Kamu bisa memasarkan karya NFT Kamu melalui situs OpenSea.io. OpenSea.io merupakan salah satu marketplace untuk jual beli atau transaksi NFT terbesar saat ini.

Namun dalam melakukan jual beli di aplikasi jual foto NFT yang satu ini, Kamu akan dikenakan biaya dalam bentuk ETH ketika pertama kali mempublikasikan karya NFT Kamu di situs ini.

Hal ini karena transaksi pada situs OpenSea.io sendiri menggunakan blockchain ETH. Sehingga, pengguna akan dikenakan biaya gas atau gas fee ketika melakukan transaksi.

Cara Menjual NFT di OpenSea Secara Gratis Tanpa Gas Fee

Seperti yang diketahui, untuk dapat melakukan penjualan NFT di OpenSea melalui blockchain Etherium diperlukan biaya gas atau gas fee. Lalu, bagaimana cara menjual NFT di Opensea gratis tanpa gas fee?

  1. Langkah pertama, pastikan Kamu telah memiliki akun MetaMask atau wallet lainnya yang dapat menampung ETH
  2. Kemudian, buka situs OpenSea.io, lalu klik Create
  3. Pilih wallet yang Kamu gunakan untuk menampung hasil penjualan NFT
  4. Setelah itu, masukan NFT yang akan Kamu jual (foto, video, audio atau karya 3D)
  5. Masukkan nama, deskripsi, supply dan berbagai macam informasi lainnya yang diperlukan
  6. Nah pada bagian Blockchain, ubah Etherium menjadi Polygon
  7. Setelah itu, klik Create.
  8. Klik tombol Sell untuk menjualnya, lalu atur harga dalam bentuk ETH dan jangka waktu penjualan dilakukan
  9. Terakhir, klik Complete Listing.

Setelah itu, Kamu telah berhasil memasarkan NFT Kamu di OpenSea tanpa biaya gas fee. Selanjutnya, Kamu hanya perlu menunggu NFT Kamu laku terjual. Saldo penjualan akan langsung masuk ke wallet Kamu.

Perlu Kamu ketahui, meskipun gratis, Kamu akan tetap dikenakan biaya sebesar 2.5 persen keuntungan oleh OpenSea. Biaya fee akan dibebankan setelah NFT Kamu laku terjual di OpenSea.

Penutup

Nah, apakah Kamu tertarik untuk menjual karya NFT Kamu melalui situs tersebut? Jadi tunggu apalagi? Yuk jual NFT Kamu sekarang juga lewat tutorial yang telah Sabilia bagikan di atas.