Apa itu Drop Off Point Shopee? Begini Penjelasannya

Saat ini sepertinya banyak warganet yang penasaran dan mencari tahu apa arti drop off point shopee. Daripada bingung simak berikut ulasannya yang akan Sabilia bahas kali ini. 

Shopee merupakan salah satu marketplace atau platform belanja online terpopuler di Indonesia. Shopee sangat terkenal apalagi banyak artis top dunia yang menjadi brand ambassador seperti cristiano ronaldo dan blackpink. 

Aplikasi Shopee sendiri seringkali memberikan banyak event dan promo menarik bagi pengguna. Seperti gratis ongkir, voucher diskon, flash sale dan masih banyak lagi. 

Selain itu untuk mempermudah pengguna dalam berbelanja, Shopee juga menyediakan fitur Shopeepay dan Shopeepay later dalam bertransaksi. Hal ini tentu membuat pengguna semakin nyaman dan pembelanjaan meningkat. 

Selain itu dalam pengiriman paket Shopee juga terdapat banyak pilihan dari berbagai ekspedisi. Termasuk jasa ekspedisi dari Shopee sendiri yakni Shopee Express. 

Nah dalam pengiriman Shopee express atau lainnya ini dikenal ada istilah drop off point. Lantas apa sebenarnya arti drop off point shopee ini? Berikut ulasannya. 

Apa Arti Drop Off Point Shopee? 

Jika kalian sering berbelanja menggunakan Shopee, pasti pernah melihat status pengiriman tiba di drop off point. Ini artinya paket telah sampai di tempat drop off atau diturunkan disitu. 

Drop off point sendiri apa sih? Jadi drop off point ini adalah sebuah checkpoint tempat paket akan diturunkan dan dilakukan penyortiran. Paket akan di scan dan status pengiriman akan berubah. 

Jadi secara sederhana drop off point ini adalah tempat untuk menurunkan paket, checkpoint atau titik pengiriman.

Istilah drop off juga dikenal oleh pelapak Shopee dalam mengirim paket. Orderan paket di Shopee akan langsung keluar nomor resinya. 

Maka penjual tinggal menulis angka resi dan menyerahkannya kepada jasa ekspedisi. Nah penyerahan paket dari penjual kepada pihak ekspedisi ini juga dikenal dengan nama drop off paket. 

Drop Off Point Pengiriman 

Lalu drop off point ini juga tidak selalu kantor jasa ekspedisi. Ada juga drop off point yang merupakan sebuah lapak milik seseorang yang telah mendaftarkan tempatnya untuk dijadikan drop point paket. 

Cara kerjanya sama saja dengan kantor ekspedisi. Namun untuk drop off point publik ini hanya melakukan penurunan paket dan tidak menerima pengiriman atau pick up. 

Dan jika kalian juga berminat menjadi mitra drop off Shopee. Bisa mendaftarkan tempat kepada pihak ekspedisi dan Shopee. Nantinya penyedia drop off point akan menerima keuntungan sebesar Rp. 500 per paket. 

Akhir Kata

Jadi sudah jelas ya. Bagi kalian yang bertanya tanya apa arti drop off point, artinya adalah sebuah checkpoint pengiriman tempat paket diturunkan sebelum sampai ke tangan pembeli. Bisa saja kantor ekspedisi, maupun kantor publik milik masyarakat yang dijadikan drop point. 

Mungkin sekian untuk penjelasan kali ini. semoga informasi ini dapat membantu. Jika ada pertanyaan lain seputar Shopee bisa tulis di kolom komentar.