Apa itu Arti Serdik atau STR Adalah? Ini Artinya

Menjelang CPNS, banyak sekali bakal peserta yang bertanya-tanya apa itu arti Serdik atau STR, lantas apa sih arti dari kata tersebut? Berikut ini adalah ulasan penjelasan yang akan dijelaskan Sabilia.

Pembukaan lamaran CPNS 2021 merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Bagaimana tidak, banyak sekali masyarakat Indonesia yang bermimpi untuk menjadi seorang PNS.

Untuk melakukan pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) sendiri tidaklah mudah, peserta harus mengajukan sejumlah syarat yang nantinya harus diunggah pada laman pendaftaran CPNS 2021.

Sejumlah syarat yang harus sebagian peserta unggah adalah Serdik atau STR, nah lalu apa itu arti dari Serdik atau STR yang menjadi syarat pendaftaran CPNS? Berikut adalah jawabannya.

Apa itu Arti Serdik atau STR Adalah?

Serdik atau STR adalah dokumen yang harus diunggah ketika melakukan pendaftaran CPNS 2021. Kedua syarat tersebut berlaku untuk profesi tertentu saja dan tidak semua orang harus mengunggahnya.

Serdik adalah singkatan dari Sertifikat Pendidik. Sertifikat ini diperlukan bagi kalian pelamar CPNS 2021 untuk diunggah sebagai bukti profesionalisem kalian dalam menjadi seorang guru.

Jika Serdik adalah Sertifikat Pendidik, STR memiliki definisi lain. STR sendiri merupakan singkatan dari Surat TKamu Registrasi yang diberikan pemerintah untuk para nakes yang berkompetensi di bidangnya.

Nah, mungkin banyak sekali yang bertanya-tanya, apakah mengunggah Serdik atau STR merupakan sesuatu yang diwajibkan? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya yang perlu kamu ketahui!

Apakah Serdik Wajib Untuk Pendaftaran?

Sebetulnya seperti apa yang telah tadi disebutkan bahwa tidak seluru pendaftar CPNS untuk bidang guru wajib mengunggah atau melampirkan Serdik ketika melakukan pendaftaran.

Namun Serdik dapat mempengaruhi nilai maksimal kalian dalam SKB. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kalian yang mempunyai Serdik ini untuk melampirkannya ketika mendaftar CPNS.

Untuk bisa mendapatkan nilai lebih dalam SKB, kalian harus memiliki Serdik yang sesuai dengan bidang CPNS yang kalian lamar. Serdik tersebut dikeluarkan oleh Kemendikbud, Kemenritekdikti dan Kemendikbud.

Yang mempengaruhi nilai SKB terakhir adalah kalian telah mampu melewati passing grade SKD dalam tiga kali formasi. Lantas, apakah STR juga dapat mempengaruhi hal serupa?

Apakah STR Wajib Untuk Pendaftaran?

Berbeda dengan Serdik yang sifatnya tidak begitu diwajibkan dan dapat menjadi salah satu faktor mendapatkan nilai SKB yang maksimal, STR cukup diperlukan bagi pelamar nakes.

Ya, untuk posisi nakes sendiri banyak sekali posisi-posisi yang harus melampirkan STR. Namun tidak semua posisi untuk pelamar nakes harus mempersiapkan STR atau Surat TKamu Registrasi ini.

Adapun sejumlah posisi nakes yang tidak memerlukan STR ini antara lain seperti Pranata Lab. Kesehatan Ahli (S1 Kimia, Biologi dan Teknik Kimia) serta Entomolog Kesehatan Terampil (DIII Entomolog, Kesehatan Hewan, dan Biologi).

Selain itu adapula jabatan atau posisi lain yaitu Entomolog Kesehatan Ahli (S1/Div Profesi Dokter Hewan atau Biologi), Sanitarian Ahli (S1 Teknik Lingkungan) dan Administrator Kesehatan.

Penutup

Nah jadi itulah apa yang dapat Sabilia sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan informasi yang telah Sabilia bagikan di artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian para pejuang CPNS 2021!