Akun Instagram Dikunci Sementara Karena Phising? Ini Solusinya

Akun Instagram dikunci sementara karena Phising? Pahami apa penyebabnya, Skema Phising, cara mengatasinya, dan cara mengamankannya disini.

Saat ini banyak orang yang khawatir serta bingung karena akun Instagram mereka tiba-tiba diblokir padahal tidak melakukan kesalahan apapun.

Hal ini bisa saja diduga karena akun IG kamu sudah di hack atau telah mengalami yang namanya Phising. Mungkin kamu tidak akan sadar bahwa kamu terkena phising karena si pelaku melakukannya dengan mulus hingga sulit dikenali.

Terdapat cara mencegahnya agar kita tidak terkena phising serta tips yang akan kami bagikan agar kamu bisa terhindar dengan mudah. Untuk itu langsung saja simak dengan lengkap semua pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu Phising?

Saat ini kita harus waspada karena banyak orang yang mengincar akun-akun populer untuk di hack dengan cara phising, nah sebenarnya apa itu phising?

Phising merupakan suatu aktivitas meretas dengan mencuri data pribadi korban kemudian menggunakan akunnya untuk melakukan spam secara terus menerus demi kepentingan pribadinya.

Skema yang dilakukan ketika pelaku mencoba mengakses akun Kamu adalah dengan mengirimkan surel atau pesan baik itu ke email Kamu, Sms atau sebagainya.

Dalam pesan tersebut biasanya berisi link dimana melalui link tersebutlah data kamu akan didapatkannya. Dalam pesan tersebut akan berisi sesuatu seperti jika Kamu tidak login melalui link berikut maka akan diblokir selamanya.

Hal tersebutlah yang dijadikan senjata untuk meyakinkan kita agar melakukan apa yang mereka mau. Justru hal inilah yang menjadi kesalahan kita karena tidak menyadari tindakan mereka.

Selain itu surel yang kamu terima mungkin akan terlihat sangat rapi dan resmi sehingga cukup sulit untuk dicurigai.

Penyebab Akun Instagram Dikunci Sementara Karena Phising

Yang membuat kita dapat terkena hack bukan karena menerima pesan tersebut di email atau kontak masuk sms kita, melainkan karena kita menggunakan link yang mereka bagikan kemudian mengisikan data pribadi kita.

Link tersebut biasanya merupakan sebuah website palsu yang digunakan untuk menipu kita dan menyuruh kita memasukkan username IG dan passwordnya.

Setelah itu mereka akan menerima data tersebut dan mungkin tidak perlu menunggu waktu yang lama IG kita akan disusupi oleh mereka.

Selain melalui skema tersebut bisa saja karena kita sembarangan mengisikan data pribadi kita disembarang tempat. Hal inilah yang membahayakan karena kita tidak pernah tahu data pribadi kita akan digunakan untuk apa.

Jika akun kamu diretas biasanya akan digunakan untuk melakukan spam, jika telah terdeksi spam maka sistem pihak Instagram akan langsung memblokir akun kamu untuk sementara.

Untuk itu bagaimanakah cara mengembalikan akun yang dinonaktifkan oleh Instagram? Dibawah ini kami bagikan caranya yang mungkin dapat membantu kamu. Cekidot.

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara Karena Phising

Jika kamu merasa sudah terkena phising namun masih dapat login ke akun IG kamu atau belum di blok maka segera ubah sandi kamu dan lakukan langkah pengamanan dengan logout dari perangkat tidak dikenal.

Namun bagaimana jika sudah terlanjur di blok? Langsung saja simak tutorial berikut ini cara mengatasi akun Instagram dikunci sementara karena Phising dengan sangat mudah.

  1. Cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengajukan banding bahwa kita tidak bersalah, pertama masuk ke Instagram kamu.
  2. Setelah itu akan muncul pesan bahwa akun kita di blok kemudian klik tulisan selengkapnya yang berwarna biru.
  3. setelah itu klik Hubungi Kami.
  4. Maka akan muncul pertanyaan dari Instagram dan isikan sesuai kondisi kamu dan kirim.
  5. Selanjunya masukan nama lengkap, nama IG kamu, asal negara, email dan lainnya kemudian kirim.
  6. setelah itu cek email kamu dan buka pesan dari pihak Instagram.
  7. Kamu akan diminta untuk menuliskan kode di sebuah kertas kosong kemudian memfotokannya bersama diri kamu dan kirimkan.
  8. Terkahir tunggu verifikasi dari Instagram selama 2-3 hari apakah akun kamu dapat diaktifkan kembali atau tidak.
  9. Jika sukses maka akan ada pesan “Akun Kamu telah diaktifkan ulang dan sekarang Kamu akan dapat mengaksesnya. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, buka Pusat Bantuan”.

Pastikan foto yang kamu kirim jelas, tidak blur dan juga yang paling penting kode tersebut terbaca dan ditulis dengan benar ketika melakukan cara mengatasi akun Instagram dikunci sementara karena Phising ini.

Tips dari kami agar tidak kena phising pastikan agar kamu tidak mengisikan data diri di sembarang tempat apalagi mengisikan email dan password kamu.

Lalu pastikan juga apakah pesan tersebut resmi atau bukan, selain itu lastikan juga website yang kamu kunjungi apakah resmi dari Instagram atau bukan.

Jangan lupa untuk mengaktifkan autentikasi dua langkah agar lebih aman juga. Jika kamu mendapatkan email mencurigakan kamu dapat melaporkannya ke phish@instagram.com

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai akun Instagram dikunci sementara karena phising. jangan lupa untuk tidak sembarang mengunjungi dan mengisikan data penting di sembarang tempat serta lakukan pengamanan di akun kamu agar tidak mudah di hack oleh pihak luar.

Sekian yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini mengenai Akun Instagram dikunci sementara karena Phising. Jangan lupa tulis pertanyaan kamu di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.