JKP

Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Perkembangan Balita Usia 0-3 Tahun Di Kel. Baros kec.kotaagung Kab.Tanggamus Tahun 2013

Published

on

Ns. Anton Surya Prasetya, S.Kep

Staff Pengajar Akper Panca Bhakti Bandar Lampung.

 

 ABSTRAK

Pembangunan kesehatan sebagai bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya antara lain di selenggarakan upaya kesehatan anak yang dilakukan sedini mungkin. Perkembangan pada anak dapat diperiksa dengan cara melakukan DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang) untuk melihat adanya kelambatan perkembangan anak secara dini. Cakupan DDTK di Kabupaten Tanggamus pada tahun 2012 hanya mencapai 40.211 balita (61,4%) yang masih jauh dari target standar pelayanan minimal bidang kesehatan anak yaitu 90%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang dengan perkembangan balita usia 0-3 tahun.

Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu dan balitanya berjumlah 50 responden dan di ambil dengan tehnik total sampling. Analisis data di lakukan dengan uji chi square pada taraf kepercayaan 95% dan di dapatkan ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang dengan perkembangan balita (p value = 0,01< 0.05 dengan OR= 8,67). Rekomendasi bagi petugas kesehatan di Puskesmas diharapkan dapat memberikan penyuluhan mengenai tumbuh kembang karena berdampak kepada kesehatan mental.

Kata Kunci      : Pengetahuan, Pertumbuhan, Perkembangan Balita

Pustaka            : 14 (2003-2012)

Seberapa menarik informasi ini?

Rerata rating / 5. Jumlah vote: